Sedekah di Hari Jumat

Sedekah dianjurkan untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ia merupakan ibadah yang tidak terikat oleh waktu dan tempat. Kapan pun dan di mana pun bersedekah tetap dinilai baik dan mendapatkan keutamaan. Namun demikian, terdapat waktu tertentu yang sangat dianjurkan untuk lebih banyak bersedekah, yaitu pada hari Jumat.

Hari Jumat merupakan hari paling baik dibanding hari-hari lainnya. Bahkan disebut sebagai sayyidul ayyam, pemimpin hari-hari lainnya. Pada hari itu, Allah membuka pintu ampunan, doa dikabulkan dan amal biak dijanjikan pahala yang sangat besar. Karena itu, Nabi Saw. menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah, zikir, shalawat, amal shaleh dan sedekah di hari Jumat.

Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah pada hari Jumat. Beliau berkata:

وِالصَّدَقَةُ فِيْهِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى سَائِرِ أَيَّامِ اْلأُسْبُوْعِ كاَلصَّدَقَةِ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ بِالنَّسْبَةِ إِلَى سَائِرِ الشُّهُوْرِ

“Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Sebaiknya, sedekah pada hari Jumat dilasanakan pada pagi hari. Hal ini selain agar mendapatkan keutamaan sedekah hari Jumat, juga agar mendapatkan keutamaan doa malaikat. Para malaikat selalu mendoakan kebaikan pada setiap orang bersedekah di pagi hari. Nabi Saw. bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ العِبَادُ فِيهِ إلا مَلَكانِ يَنْزلاَنِ، فَيقُولُ أحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكًا تلَفًا

Tidaklah para hamba berpagi hari di dalamnya melainkan ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, “Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang senang berinfak.” Yang lain mengatakan, “Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang pelit.”

Di dalam kitab Al-Umm, Imam asy-Syafii pada bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat” meriwayatkan hadits berikut:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar”. Nabi bersabda: “Dan di hari di Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.” (Imam asy-Syafii, al-Umm, juz 1, halaman 239).

Klik

× Ada yang dapat kami bantu?