ANJURAN BERBELAS KASIH

Dari Abdullah bin Umar r.a. ia berkata, Rasulullah Saw. Bersabda, “Orang-orang yang berbelas kasih akan dikasihani oleh Allah. berbelas kasihlah kalian terhadap penduduk bumi, maka kalian akan dikasihani oleh penduduk langit.”

Alkisah Umar dan Burung Pipit
Suatu hari Umar bin Khattab berjalan melewati perkampungan kota Madinah. Di jalan ia melihat seorang anak kecil mempermainkan burung pipit. Umar pun merasa kasihan terhadap burung itu. Akhirnya ia membeli burung itu kemudian melepaskannya.

Ketika Umar meninggal, seorang ulama mimpi bertemu dengannya. Ulama itu lantas menanyakan tentang keadaan Umar, “Apa yang Allah lakukan terhadapmu?” tanya sang ulama.
“Allah telah mengampuniku,” jawab Umar.
“Sebab apa engkau mendapatkan ampunan, apakah sebab kedermawananmu?, ataukah keadilanmu?, atau sebab kezuhudanmu?” tanya sang ulama.

“Ketika kalian meletakanku di dalam kubur dan menutupiku dengan tanah, lalu kalian meninggalkanku sendirian. Datanglah dua malaikat yang menakutkan. Rasa takut membuat akalku pudar serta menjadikan sendi-sendiku bergetar. Setelah itu, mereka memegang dan mendudukkanku. Ketika mereka hendak bertanya kepadaku, tiba-tiba terdengar suara tanpa rupa, “Tinggalkanlah hamba-Ku itu dan jangan kalian menakutinya. Sesungguhnya Aku telah mengasihi dan mengampuninya, karena ia telah mengasihi burung Pipit ketika di dunia, maka Aku mengasihinya ketika di akhirat.” (Iqbal Fauzi)

Klik

× Ada yang dapat kami bantu?